Blog

12 Tempat Wisata di Maldives Maladewa

Maldives yang disebut juga dengan Kepulauan Maladewa merupakan salah satu pulau indah yang terkenal di dunia. Letak Maldives ada di Samudera Hindia dan mempunyai banyak wisata pantai dengan air yang biru jernih, bermacam biota laut, dan pasir putih membentang, panorama sekitar juga menawan. Selain populer dengan pantai-pantai cantik, Maldives juga memiliki obyek wisata lain yang tentunya menarik dikunjungi. Berikut adalah lokasi-lokasi terbaik dan indah yang bisa anda kunjungi ketika berlibur ke Maladewa.

  1. Pulau Cocoa

pulau CocoaPantai yang terdapat di Pulau Cocoa begitu eksotis. Mempunyai pasir putih membentang luas, disertai suara deburan ombak, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di lokasi ini, anda bisa melakukan kegiatan menarik, salah satunya adalah scuba diving. Pulau ini pun memiliki fasilitas berupa resort dengan kualitas baik.

Maldives memang memiliki beragam pantai yang layak disebut dengan surga. Pantai ini adalah pantai langganan bagi para turis yang datang ke Maldives.  Banyak turis yang ingin menjalankan wisata bahari ketika berada di pantai ini. Ciri khas dari pantai ini adalah airnya yang begitu jernih dan pasir pantainya yang putih cocok bagi anda yang suka dengan kegiatan pantai. Sehari rasanya tidak cukup berada di pantai ini, bagi anda disarankan untuk menginap. Banyak penginapan yang bisa anda pilih ketika berada disini.

Baca : Tempat wisata alam di AcehTempat wisata di Halmahera

  1. Pulau Vaadhoo

Pulau Vaadhoo Selanjutnya ada Pulau Vaadhoo. Pulau yang populasi penduduknya kurang lebih 500 orang ini terkenal dengan pesona alam memikat. Sebuah fenomena alam yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan adalah adanya phytoplankton yang bersifat memancarkan cahaya cukup terang. Sayangnya fenomena tersebut tidak setiap hari terjadi. Jika anda beruntung saat datang ke Maladewa, anda bisa menyaksikannya. Butiran butiran biru yang ada di Maldives ini sama sekali bukanlah rekayasa hasil komputer semata. Namun hal tersebut murni nyata ada di Maldives.

Bagi anda yang ingin merasakan berwisata di tempat yang berbeda, anda bisa datang ke pulau ini. Pulau ini adalah pulau yang hampir saja tidak berpenghuni. Haal itu dikarenakan pupulasi jiwa yang menetap di pulau itu hanyalah 500 jiwa pada tahun 2007 di pulau tersebut. Meskipun populasi disana sedikit, namun setiap weekend atau setiap musim liburan banyak sekali turis yang berbondong bondong ke tempat ini.

Baca : Pulau Granite Australia Selatan

  1. Museum Nasional Maladewa

Museum Nasional MaladewaApabila anda ingin menikmati wisata selain pantai di Maladewa, anda dapat berkunjung ke Museum Nasional Maladewa. Di sini, anda bisa saksikan beraneka ragam peninggalan bersejarah masa Kerajaan Budha. Untuk bagian dindingnya, dihiasi oleh tulisan Al-Quran yang dibuat dengan tangan dan masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

Sebagai tempat yang bersejarah tentunya museum ini memiliki banyak koleksi. Koleksi tersebut mulai dari dari artefak, kostum dan sepatu, koin, perhiasan, senjata dan baju besi. Untuk lokasi museum nasional ini tidak jauh dari Sultan Park Male yang bisa diakses menggunakan berbagai macam alat transportasi. Alat transportasi umum seperti bus dan taksi bisa langsung menuju ke Museum Nasional. Museum Naasional Maladewa ini buka dari hari minggu sampai dengan kamis pada ukul 9 pagi samapi dengan jam 5 sore.

Baca : Tempat wisata di Ekuador

  1. Istana Mulee Aage

Istana Mulee AageIstana ini dibangun oleh Sultan Shamsudden III pada 1906. Istana ini unik dan tentunya mempunyai daya tarik tersendiri. Bangunan dengan atap berwarna merah, sebagian besar dindingnya berwarna putih dan biru, ukiran dinding berbentuk kipas, jadi apabila anda ingin melihat bangunan ini, tidak akan sulit bagi anda menemukannya.

Istana ini termasuk istana yang cukup kecil sebab dibangun pada luas tanah yang tidak begitu luas. Untuk menemukan istana sangat mudah sebab warna dari bangunan istana ini lebih mencolok dibandingkan dengan bangunan yang ada di sekitarnya. Bagian atap dari istana ini sendiri ebrwarna merah, dinding istana ini didominasi oleh warna biru dana juga warna putih. Bangunan jendela yang ada di istana ini dihiasi dengan ukuran kapas berwarna biru.

Baca : Tempat wisata di China

  1. Gallery Esjehi

Gallery esjehi maldives Jika anda ingin berkunjung ke salah satu bangunan yang paling tua di Maldives, silakan datang ke Gallery Esjehi. Bangunan ini berdiri pada 1870. Apa saja yang bisa dilihat ketika sampai lokasi? Nah, di sini anda akan disuguhi dengan banyaknya lukisan modern dan tradisional, termasuk ukiran panel kayu antik yang sudah diawetkan. Untuk mencapai Gallery Esjehi, anda bisa naik angkutan umum.

Lokasi galeri ini berada di ibu kota Male tepatnya bagian Timur. Agar bisa menuju ke Gallery Esjehi anda bisa menggunakan kendaraan umum yang selalu siaga mengantarkan  anda untuk bisa sampai galeri tersebut. Bagi anda yang memilikki jiwa seni dan ingin melihat kaya seni yang tinggi nda diharapkan untuk mengunjungi tempat ini. Anda akan menemukan karya seni yang tidak pernah anda lihat sebelumnya. Jam bukanya adalah  hari kamis sampai hari Sabtu. Jamnya mulai pukul 08.00 hingga pukul 19.30. Sedangkan hari jumat dimulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 2 siang.

Baca : Tempat wisata di Singapore

  1. Biyadhoo Island Resort

Biyadhoo Island ResortIni adalah salah satu resort di Pulau Biyadhoo yang menawarkan suasana tenang dan pemandangan yang memikat. Biyadhoo Island dianggap sebagai rumah karang terbaik Maldives. Berbagai kegiatan menarik yang bisa anda lakukan saat berada di Pulau Biyadhoo antara lain adalah menyelam/diving, snorkeling, dan beragam olahraga air lainnya.

Bagi anda yang ingin menyelam, di sekitar pulau terdapat setidaknya 35 titik penyelaman. Yang perlu diperhatikan adalah anda harus melihat keadaan cuaca dan arus ketika akan melakukan penyelaman. Pokoknya selain tempat yang asyik untuk snorkeling dan menyelam, pulau tenang ini pun tepat menjadi pilihan untuk refreshing dan santai. Tempat wisata ini juga terjangkau, sehingga and tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak ketika berada disini. Meski harganya terjangkau, pelayanan dan keindhana wisata di tempat ini tidak perlu dirgukam

Baca : Tempat wisata di Dubai

sponsored links
  1. Utheemu Ganduvaru

Utheemu Ganduvaru Bagi anda yang suka berwisata sejarah, lokasi yang satu ini pas jadi pilihan. Namanya Utheemu Ganduvaru. Tempat tinggal Sultan Mohamed Thankurufaan. Berlokasi di pulau bagian utara Maladewa bernama Pulau Utheemu, termasuk dalam salah satu pulau yang berpenghuni. Mohamed Thankurufaan adalah seorang pahlawan yang sangat dibanggakan oleh penduduk Maladewa dikarenakan jasa-jasanya yang besar terhadap bangsa, melindungi bangsanya dari penjajahan Portugis. Tak heran, ya, kalau beliau mendapat penghormatan tertinggi dari warga Maladewa.

Tempat wisata bersejarah ini tampa terawat dan tertata dengan rapi. Anda yang beribur kesini bisa mengenang jasa jasa Sultan Mohamed Thankurufaan. Sutan melawan penjajah Portugi selama 15 tahun lamanya. Meski tempat ini sudah berdiri lama namun masih tertata dan terawat dengan baik.

Baca : Tempat wisata di Jogja

  1. HP Reef dan Manta Point

HP ReefInilah daerah perlindungan laut yang ada di sebelah utara Atol Male bernama HP Reef. Saat anda menyelami lokasi tersebut, mata anda akan dimanjakan dengan adanya formasi terumbu karang nan menawan serta bermacam ikan warna-warni yang memanjakan pandangan. HP Reef tergolong dalam salah satu lokasi penyelaman paling baik dan direkomendasikan.

Buat anda para penyelam profesional atau yang masih pemula, anda bisa mencoba sensasi pemyelaman  di Manta Point. Di lokasi tersebut, anda bisa melihat banyak ikan pari manta yang tengah berburu mangsa atau menyantap ikan-ikan kecil di dekatnya. Pari manta akan berkeliling bebatuan karang besar dan menunggu mangsa di sana. Kedua tempat wisata ini cocok bagi anda yang suka menyelami keindahan bawah laut. Dijamin anda akan mendapatkan pengalaman menyelam yang menyenangkan saat beada disini. Biota laut dan keindahan bawah lautnya masih terjaga dan terawat dengan baik. Terbukti banyakya biota laut yang masih lestari sampai saat ini.

Baca : Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

  1. Banana Reef

Banana ReefMasih terletak di utara Atol Male, para penyelam bisa mencoba sensasi menyelam di Banana Reef. Tempat ini disebut-sebut sebagai lokasi diving terpopuler di Maladewa. Wah, namanya unik, ya? Memang, sesuai dengan namanya, Banana Reef bentuknya mirip pisang dan memanjang sampai dengan 300 meter dari arah utara ke bagian selatan.

Apa saja yang dapat dijumpai saat melakukan penyelaman? Tentu saja bebatuan karang nan cantik, dengan banyak ikan berbagai ukuran dan warna, serta beberapa ikan yang lumayan jarang ditemui lagi, dapat anda temukan saat melakukan penyelaman di Banana Reef (napoleon wrasse, bannerfish, sampai dengan moray eels). Gaung Banana Reef sudah sampai ke mancanegara, bahkan dinobatkan sebagai satu dari sekian banyak lokasi penyelaman terbaik yang ada di Maldives.

Baca : Tempat wisata di Bangkok

  1. Alimatha Island

Alimatha IslandSalah satu pulau yang letaknya di timur Maladewa, tepatnya Atol Vaavu. Berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan antara lain adalah diving, snorkeling, wisata pantai didukung fasilitas yang lengkap. Pulau yang satu ini selain kaya akan pantai cantik, juga kaya akan situs bersejarah yang membuat anda takjub. Dengan banyaknya tanaman hijau dan juga pepohonan di Pulau Alimantha, menambah pesona pulau tersebut. Pulau ini direkomendasikan sebagai destinasi wisata anda tatkala berlibur di Maladewa.

Melakukan diving atau penyelamandi Maladewa membawa kenikmatan sendiri bagi diving pemula dan orang yang sudah ahli menyelam. Pulau ini akan membawa kesenangan pribadi bagi anda yang suka menyelam. Terumbu karang yang berlimpah dan ditemani fauna laut yang langka bisa membuat pengalaman menyelam yang luar biasa.  Anda bisa bergabung dengan Alimatha Diving Center yang sudah didirikan mulai tahun 2006. Alimatha Doiving Center ini juga bisa mengatur mengatur perjalanan sang penyelam dalam setiap harinya.

Baca: Tempat wisata di Thailand

  1. Sun Island Resort and Spa

Sun Island Resort and SpaLokasi tempat ini ada di selatan Atol Ari. Saat tiba di Sun Island, anda akan disuguhi dengan pemandangan beragam bunga tropis indah, bermacam tanaman hijau serta laguna. Ini disebut-sebut sebagai resort yang termewah di Maladewa dengan kumpulan banyak hotel, vila, juga penginapan lengkap dengan fasilitas memadai. Jadi bisa memilih penginapan atau bungalow yang sesuai dengan kehendak hati anda.

Keindahan pantai ini cocok bagi pasutri yang akan melakukan bulan madu. Tempat wisata yang indah, air pantai yang jernih dengan jembatan di tengahnya yang membuat anda bisa menikmati pantai di pulau ini lebih dekat. Untuk penginapan tidka perlu khawatir karena disini tersedia beragam penginapan dengan harga yang berbeda beda.

  1. Pulau Nika dan Landaa Giraavaru

Pulau Nika Di pantai Pulau Nika banyak ditemukan terumbu karang dan juga laguna yang dangkal. Pantai yang penuh dengan sinar mentari berkilauan dan air laut jernih, serta pasir lembut. Cocok sebagai lokasi scuba diving, snorkeling, serta berjemur di bawah sinar mentari, berenang. Dengan arus yang bisa dibilang nyaris tak ada, sangat aman untuk melakukan penyelaman menikmati keindahan bawah lautnya atau berenang. Malam hari anda akan dimanjakan dengan menu khas Maladewa yang punya citarasa unik.

Pulau ini berada di Pulau Karang Baa yang ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO. Pulau ini dikelilingi oleh pantai jernih dengan pasir putih dan terumbu karang terhampar di sekitarnya. Air laut yang tenang serta tidak dalam, membuatnya disukai oleh penyelam/ penyuka scuba diving, serta bisa berenang dengan kura-kura, hiu paus, serta manta.

Baca : Tempat wisata di Cengkareng

Sponsors Link

Keunggulan Maldives

Berikut ini adalah keunggulaan Kepulauan Maldives  yang harus kita ketahui :

  1. Memiliki Beraneka Ragam Fasilitas Rekreasi Anak-Anak

Maldives mempunyai banyak pilihan rekreasi bagi anak-anak. Jad kalau memilih untuk liburan kemari, anda tidak akan pusing mencari tempat rekreasi bagi buah hati. Selain dapat menikmati sensasi naik banana boat serta diving. Anak juga dapat ikut serta dalam perayaan khusus anak yaitu summer camp dan children’s day.

  1. Lingkungan Bersih dan Bebas Polusi

Rekreasi yang ada di Maldives kebanyakan adalah wisata dengan nuansa alam. Resortnya pun jauh dari pusat industri atau pabrik, sehingga bebas polusi. Berwisata kemari sangatlah nyaman dan sehat bagi anda dan keluarga.

  1. Kuliner Unik

Selain kaya wisata alam, Maldives juga mempunyai daya tarik berupa makanan yang khas, termasuk tempat makannya juga. Menu yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke Maladewa diantaranya adalah chicken biryani, garudiva, huni roshi, dan mas huni. Sementara untuk merasakan sensasi makan yang berbeda, anda dapat berkunjung ke restoran bawah air bernama Ithaa Undersea Restaurant atau pergi ke Seagul Café.

  1. Budaya dan Festival Menarik

Budaya dan festival Maladewa terkenal dan masih dilestarikan hingga saat ini. Beberapa diantaranya adalah perayaan kuda eid, hari kemerdekaan Maldives, martyrs day, sampai dengan huravee day. Perayaan budaya bisa anda ikuti bersama dengan masyarakat Maldives.

Itulah beberapa lokasi wisata yang dapat anda kunjungi saat liburan ke Maldives. Semoga informasi dari berbagai sumber ini bermanfaat

Pantai Klayar Pacitan, Eksotisme Alam yang Begitu Kental

Tahukah Anda, pantai Klayar Pacitan menyimpan sejumlah keindahan alam yang mengagumkan. Anda dapat menemukan pesona dan keunikannya pada hamparan pasir yang putih, adanya karang raksasa laksana Sphinx, air mancur alami hingga setinggi 10 meter, serta bebatuan karang dengan bentuk yang unik dan suguhan seruling samudera.

Secara administratif, pantai Klayar Pacitan terletak di Kecamatan Donorojo, tepatnya di Desa Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari pusat kota Pacitan, pantai Klayar dapat ditempuh dengan jarak perjalanan sejauh 40 km pada arah barat Pacitan, menghabiskan waktu perjalanan selama sekitar 1 jam.

Pantai Klayar adalah salah satu pantai di Jawa Timur yang menawan. Popularitasnya memang belum setenar Goa Gong di Pacitan atau Pantai Teleng Ria. Tetapi secara umum, pantai ini sudah dikenal di kalangan masyarakat Jawa Timur sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang menarik.

Tebing dan Bebatuan di Pantai Klayar Pacitan

Pesona panorama pantai Klayar yang menawan ini adalah sebuah hal yang layak Anda masukkan dalam rencana perjalanan Anda. Tetapi perlu diketahui bahwa akses menuju pantai ini terbilang kurang mudah. Jika Anda mengunjungi pantai Klayar Pacitan, Anda akan menjumpai sejumlah bagian jalan yang belum teraspal secara utuh serta beberapa bagiannya yang rusak.

Selain itu, Anda juga harus melewati jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun, sebuah hal yang menuntut Anda lebih berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan. Tetapi setiba di pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang indah.

Persoalan infrastruktur wisata telah diantisipasi oleh pemerintah lokal dan dieksekusi dalam rencana pengembangan wisata Pacitan. Pembangunan pariwisata ini sungguh penting mengingat lalu lintas kunjungan para penikmat perjalanan ke pantai Klayar Pacitan menunjukkan tren yang meningkat dari waktu ke waktu.

Wisatawan di Pantai Klayar Pacitan

Di hari-hari biasa, Anda mungkin hanya akan menjumpai kalangan nelayan lokal yang beraktivitas di pantai Pacitan yang satu ini. Tetapi di kala libur tiba, pantai Klayar adalah salah satu yang favorit dikunjungi wisatawan domestik, beberapa di antaranya adalah wisatawan mancanegara.

Baca juga: Inilah 7 Tempat Wisata di Pacitan Paling Menarik

Setiba di pantai Klayar, Anda dapat melihat dua karang setinggi pohon kelapa di sisi timur pantai. Karang inilah yang menjadi icon pantai Klayar Pacitan. Pada bagian belakang karang tersebut, terdapat karang lain yang menahan terjangan ombak laut selatan. Satu hal yang menarik, di antara karang-karang tersebuat ada sebuah karang raksasa dapat dikatakan mirip dengan tempat wisata Tanah Lot di Bali.

Alamat Pantai Klayar: Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.223808,110.947473

Hal Menarik di Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar memiliki banyak tebing dan beberapa di antaranya bolong akibat terjangan ombak, juga jejaran pohon kepala di kawasan pantai. Satu hal yang patut diingat adalah Anda tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini mengingat ombak yang tergolong besar serta banyaknya tebing.

Pesona Pantai Klayar di Pacitan

Di pantai Klayar, Anda dapat menjumpai sebuah hal yang unik, yakni seruling samudra. Seruling samudera ini adalah sebutan untuk fenomena di mana terdapat cekungan yang ada pada bagian bawah tebing atau batuan yang ada di pantai. Saat cekungan ini diterjang ombak laut, maka air laut keluar menyembur ke permukaan melalui sela-sela berbatuan dan menghasilkan bunyi yang indah laksana bunyi seruling.

Sebuah hal unik lainnya adalah Anda dapat menjumpai patung yang menyerupai bentuk Sphinx sebagaimana yang ada di Mesir. Keunikan ini terbentuk akibat banyaknya tebing-tebing tinggi di kawasan pantai Klayar yang jika dilihat dari kejauhan, menyuguhkan pemandangan laksana patung Sphinx. Anda tentu saja dapat menaiki tebing ini, tetapi sudah sepatutnya menjaga kehati-hatian untuk keselamatan mengingat tebing ini tergolong curam dan tinggi.

Menyusuri Pantai Klayar

Jika Anda melayangkan pandangan ke arah barat dari pantai Klayar, terdapat sebuah tebing karang yang lebih besar dan menjulang dengan ketinggian mencapai hingga 50 meter. Tebing karang ini merupakan salah satu gugusan karang yang ada di kawasan wisata pantai Klayar Pacitan. Pemandangan eksotis dapat Anda bayangkan laksana tempat bersandarnya kapal Nabi Nuh.

Di pantai Klayar, Anda dapat menyaksikan fenomena di mana terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang akan menciptakan air mancur yang bahkan tingginya mencapai 10 meter. Pemandangan indah ini adalah akibat semburan kencang air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.

Air mancur di pantai Klayar

Anda juga dapat menyaksikan beberapa warga lokal memanjat pohon kelapa untuk mengambil air deresan. Air ini selanjutnya akan digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan gula jawa. Air yang memiliki rasa manis ini disebut “legen”, Anda dapat mencicipinya di pantai Klayar.

Di kala senja tiba, sunset di pantai Klayar Pacitan adalah salah satu yang menawan. Sejauh mata memandang horizon, Anda akan mendapati suguhan panorama pantai yang indah dengan nuansa alami yang begitu kental.

Sunset Indah di Pantai Klayar Pacitan

Rute Perjalanan ke Pantai Klayar Pacitan

Hingga saat ini, belum tersedia angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke pantai Klayar Pacitan. Cara paling populer ke pantai tersebut adalah dengan membawa kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor. Beberapa wisatawan juga menggunakan jasa agensi perjalanan untuk mengantarkan rombongan menuju pantai Klayar ini. Perlu diketahui, dari Goa Gong Pacitan ke pantai Klayar hanyalah berjarak sejauh sekitar 12 km.

Baca juga: Goa Gong Pacitan, Pesona Goa Terindah di Asia Tenggara

Jika Anda dari Jogjakarta, maka rute paling recommended menuju pantai Klayar adalah dengan mengambil jalan melalui Wonosari di Gunungkidul. Daerah yang akan dilalui adalah Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Punung – Pantai Klayar.

Jika Anda dari Solo, maka arahkan kendaraan Anda menuju Kecamatan Pracimantoro, lalu akan tiba di pertigaan Giribelah, berbeloklah ke kanan hingga tiba di perempatan Kalak. Dari situ, Anda hanya perlu meneruskan perjalanan selama sekitar 1 jam hingga tiba di Pantai Klayar.

Wisata Pulau Lengkuas, Belitung

Pulau Lengkuas adalah pulau terluar dari gugusan kunjungan wisata hopping island di pulau Belitung, Pulau nan cantik ini terletak di sebelah utara pantai tanjung kelayang di kecamatan sijuk kota tanjung pandan kabupaten Belitung. Pulau lengkuas adalah mahkota wisata pulau Belitung di antara objek wisata lainnya. Ada beberapa daya tarik utama pada Pulau lengkuas yaitu keindahan alam bawah laut berupa spot terumbu karang yang bisa di nikmati oleh wisatawan dengan snorkeling dan diving. daya tarik lainnya yaitu batu granit yang tersusun menghadap ke arah selatan semua. dan yang terakhir yaitu Mercusuar yang di bangun pada masa penjajahan belanda pada tahun 1882 yang hingga saat ini masih berfungsi sebagai penuntun kapal di sekitar pulau. Mercusuar pantai pulau lengkuas belitung yang berdiri kokoh dengan 17 lantai ini memiliki antara 11-19 anak tanggak di setiap lantainya. Hal yang menarik lainnya yaitu nama lengkuas itu sendiri, Nama asli Pulau Langkuas ini adalah Lighthouse Island, namun karena lidah masyarakat Belitung tidak bisa melafalkan Lighthouse island secara sempurna, maka tersebutlah Nama Langkuas.
Pulau Lengkuas tanjung pandan belitung propinsi bangka belitung wisata indonesia

 

Pulau Lengkuas tanjung pandan belitung propinsi bangka belitung wisata indonesia
Keindahan pantai di sekitar pulau akan semakin membuat kita kagum ketika kita berada di setiap lantai mercusuar ini karena pada setiap lantainya terdapat jendela yang posisi pandang setiap lantainya berbeda. Pada lantai pertama jendela menghadap ke arah timur dan utara, sementara pada lantai dua jendelanya menghadap ke barat dan selatan. Begitu pula dengan jendela pada lantai tiga, yang menghadap ke arah timur dan utara, dan seterusnya. Meski lelah mendera ketika kita sampai di puncak, namun semua akan terbayarkan dengan keindaham pulau lengkuas ini karena dari puncak mercusuar ini kita bisa memandang seluruh keindahan pulau Lengkuas ini.

Pulau Lengkuas tanjung pandan belitung propinsi bangka belitung wisata indonesia
Pulau Lengkuas tanjung pandan belitung propinsi bangka belitung wisata indonesia
Bagaimana cara ke pulau Lengkuas ?
Untuk anda yang ingin berwisata ke pulau lengkuas ini, anda bisa menggunakan jasa agent travel wisata lokal di bangka belitung atau bila anda ingin pergi langsung anda bisa menggunakan jasa taksi lokal untuk mengantarkan anda ke pulau lengkuas. tarif taksi / rental mobil wisata di Belitung rata – rata sekitar Rp. 550.00 – Rp. 600.000 / hari sudah termasuk BBM dan driver dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Pantai / dermaga tempat perahu untuk mengantarkan wisatawan ke pulau lengkuas adalah pantai tanjung kelayang, dan untuk menuju pantai tanjung kelayang bila dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin anda bisa menyewa taksi dengan biaya sekitar Rp. 200.000 /group untuk 1 mobil. Kemudian dari pantai tanjung kelayang anda bisa memesan perahu pada rumah makan – rumah makan di sekitar pantai tanjung kelayang dengan biaya sewa perahu sekitar Rp. 450.000 – Rp. 600.000 /group.

Eksplorasi 11 Tempat Wisata Paling Oke di Kabupaten Natuna

Kebanyakan orang memandang sebelah mata daerah terluar Indonesia. Jika dilihat dari segi infrastruktur memang seringkali daerah terluar yang berbatasan dengan negara lain kurang mendapatkan perhatian. Pembangunannya pun terkesan belum maksimal bagaikan anak tiri jika dibandingkan dengan daerah-daerah di Pulau Jawa. Akan tetapi jika menilik pada kekayaan alamnya, daerah-daerah ini malah sering mencuri perhatian warga dunia.

Seperti kabupaten Natuna ini, lokasinya berada di ujung utara Indonesia yang langsung berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja serta perairannya menjadi rute pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea hingga Taiwan. Traveler domestik belum banyak yang mencium keindahan daerah ini namun traveler asing sudah begitu familiar dengan tempat yang disebut-sebut sebagai cuilan tanah surga ini. Untuk itu berikut Travelingyuk susun 12 tempat wisata paling oke yang layak untuk traveler masukkan dalam bucketlist travelingmu selanjutnya.

1. Pantai Batu Kasah, The Best Beach in Natuna

Destinasi wisata pertama yang wajib dikunjungi di Natuna adalah Pantai Batu Kasah. Pantai yang punya nama lain Pantai Cemaga ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik yang dimiliki kabupaten ini. Pantainya bisa traveler temukan di kecamatan Bunguran. Sekeliling pantai ini ditumbuhi banyak pohon kelapa serta serakan batuan granit membuat gambaran pulau tropis nampak sempurna.

Pantai Batu Kasah, via instagram
Pantai Batu Kasah, via instagram

Pantai Batu Kasah juga dianugerahi dengan bibir pantai yang panjang hingga 5 km, dengan pasirnya yang putih dan air lautnya yang jernih membuat siapa saja yang berkunjung ke sana bakal langsung kepincut dengan pesonanya. Kalau berkunjung ke pantai ini, tipsnya adalah membawa bekal makan sendiri karena beberapa sumber menyebutkan bahwa di kawasan pantai ini belum banyak tersedia warung makan.

2. Batu Sindu, Tempat Wisata yang Selalu Bikin Rindu

Menuju ke pantai timur kota Ranai, traveler akan disambut oleh Batu Sindu. Batu Sindu adalah nama kawasan pantai yang banyak dipenuhi dengan batu-batuan granit dengan berbagai bentuk dan ukuran. Menikmati kawasan Batu Sindu paling menarik adalah lewat menara mercusuar yang ada di sekitar lokasi.

Batu Sindu, via instagram
Batu Sindu, via instagram

Batu Sindu menyimpan potensi wisata yang sangat besar yang menunggu untuk segera dikembangkan. Saat ini kawasan ini masih relatif alami dengan belum dibangunnya berbagai fasilitas pendukung. Kekurangannya setiap traveler yang berkunjung bakal mendapatkan banyak kesulitan seperti belum tersedianya tempat parkir, belum ada rumah makan dan penginapan dan berbagai fasilitas dasar obyek wisata lainnya.

3. Pantai Sisi, Hadir Untuk Memadu Cinta Dengan Kekasih

Natuna adalah tempat sempurna untuk liburan bersama pasangan, berbeda dengan Bali yang menyediakan pilihan wisata romantis full service, di daerah ini cocoknya untuk liburan sepasang kekasih yang sama-sama hobi petualangan. Alam yang perawan bakal banyak ditemukan di Natuna salah satunya adalah Pantai Sisi.

Pantai Sisi, via instagram
Pantai Sisi, via instagram

Pantai Sisi pada tahun 2006 dinobatkan sebagai pantai alami terbaik di dunia versi majalah Island. Pantainya punya pasir putih dengan tekstur yang agak kasar sehingga jika bermain pasir di pantai, pakaian tetap bersih karena pasirnya tidak akan lengket di pakaian atau bahkan kulit. Lautnya yang sangat tenang membuat banyak traveler asing menganggapnya tidak seperti laut melainkan kolam.

4. Tak Perlu Jauh ke Eropa, Alif Stone Park Sudah Cukup Mewakili Surga Dunia

Kabupaten Natuna memiliki banyak pantai dengan karakteristik yang serupa yaitu dikelilingi oleh hamparan batu granit. Pemandangan paling sempurna antara pantai dan batuan granit bisa dilihat di Alif Stone Park yang disebut-sebut menjadi ikon paling populer di Natuna. Pantai ini letaknya berada di dekat Kota Ranai yang menjadi ibukota kabupaten.

Alif Stone Park, via instagram
Alif Stone Park, via instagram

Sesuai dengan namanya Alif Stone Park merupakan taman berbatu yang berada di tepi pantai Desa Sepempeng. Tempat wisata ini adalah perpaduan antara pantai pasir putih, air laut yang jernih serta gugusan batuan granit yang mempercantik kawasan. Fasilitas wisatawan yang ada di tempat ini adalah jembatan kayu yang menghubungkan antar batu-batu besar sehingga pengunjung bisa berkeliling di area sekitar taman batu ini.

5. Pulau Senua yang Melegenda

Pulau Senua berada di wilayah administratif Kecamatan Bunguran Timur, tepatnya berada di seberang Desa Sepempang. Kawasan ini adalah tempat yang sempurna bagi traveler yang mencari lanskap alam pantai yang eksotis dengan alam bawah laut yang magis.

Pulau Senua, via instagram
Pulau Senua, via instagram

Perairan Pulau Senua memang dikenal berisi penuh dengan terumbu karang yang tumbuh subur. Di dalamnya hidup berbagai macam biota laut. Apalagi air laut di kawasan pulau ini terkenal memiliki visibilitas yang cukup jernih. Disamping itu pulau ini juga terkait erat dengan legenda masyarakat yang menyebutkan bahwa Pulau Senua adalah jelmaan dari seorang perempuan hamil. Kata Senua sendiri dalam bahasa setempat memiliki arti wanita yang berbadan dua.

6. Selemot, Desa Setengar, Belum Banyak Traveler yang Tahu

Destinasi satu ini belum banyak diketahui traveler pun demikian belum ada ulasan wisata di situs-situs traveling. Namanya adalah Selemot di Desa Setengar yang letaknya berada di kecamatan Bunguran Selatan. Lanskap alam pedesaan yang indah ini Travelingyuk dapatkan dari salah satu akun instagram traveler yang pernah bermalam di desa ini.

Selemot, Desa Setengar, via instagram
Selemot, Desa Setengar, via instagram

Dilihat dari foto-fotonya serta deskripsi yang ada, nampak jelas jika desa Setengar ini memang memiliki wajah cantik yang bikin traveler enggan berkedip. Perjalanan menuju ke lokasi bisa dilakukan lewat kota Ranai dengan berkendara selama 2 jam.

7. Pantai Tanjung, Tempat Wisata Favorit Warga Natuna

Membaur dengan warga asli Natuna bisa dilakukan traveler saat berkunjung ke Pantai Tanjung. Pantai ini adalah salah satu tujuan wisata favorit warga Natuna. Pada hari libur bibir pantai ini akan dipenuhi oleh pengunjung yang rata-rata adalah warga sekitar.

Pantai Tanjung, via instagram
Pantai Tanjung, via instagram

Pantai Tanjung terletak di desa Tanjung, kecamatan Bunguran Timur dan bisa ditempuh dengan berkendara selama 20 menit dari kota Ranai. Daya pikat yang dimiliki pantai ini antara lain pasir pantai yang putih, laut yang biru serta ombak yang landai.

8. Pantai Teluk Buton, Pantai Cantik yang Berpotensi Menjadi Cagar Budaya Bawah Air

Pantai Teluk Buton di desa Teluk Buton, kecamatan Bunguran Utara, Natuna adalah destinasi selanjutnya yang sayang terlewatkan. Pasalnya beberapa kali kawasan pantai dan desa Teluk Buton ini telah dikunjungi tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya pemetaan Cagar Budaya Bawah Air.

Pantai Teluk Buton, via instagram
Pantai Teluk Buton, via instagram

Pantai Teluk Buton menjadi atraksi wisata tersendiri bagi warna Natuna di akhir pekan. Sebab ini adalah satu dari sedikit tempat wisata keren di Natuna yang sudah memiliki akses jalan yang mudah untuk dilalui kendaraan. Pantas saja jika libur lebaran dan libur nasional lainnya pantai yang menghadap Laut Cina Selatan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

9. Pantai Sahi, Pantai Kece dengan Landmark Pulau Batu di Tengahnya

Pantai Sahi adalah salah satu tujuan wisata yang populer di Natuna. Posisinya hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari ibukota kabupaten Ranai dimana aksesnya bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan memakan waktu kurang dari satu jam.

Pantai Sahi, via instagram
Pantai Sahi, via instagram

Pantai Sahi terkenal dengan landmark pulau batu di tengah laut yang bernama Pulau Sahi. Saat kondisi laut sedang surut traveler bisa menuju ke pulau tersebut dengan jalan kaki. Saat pasang pantai ini begitu asyik untuk digunakan bermain air sebab airnya sangat jernih dan bersih.

10. Air Terjun Gunung Ranai, Pilihan Wisata Adventure di Natuna

Meski suguhan utama traveling ke Natuna adalah wisata bahari namun daratan kabupaten Natuna yang berupa perbukitan juga menyimpan wisata alam yang tak kalah menarik lewat Air Terjun Gunung Ranai. Air terjun ini lokasinya masih cukup tersembunyi dan belum dibuka untuk tujuan wisata komersil.

Air Terjun Gunung Ranai, via instagram
Air Terjun Gunung Ranai, via instagram

Namun demikian kondisi seperti itu memberikan keuntungan sendiri bagi traveler yang hobi petualangan. Membelah hutan dan menaiki perbukitan melalui jalan setapak nan terjal menjadi rute wajib yang harus dilahap setiap traveler. Hadiahnya adalah pemandangan alam yang perawan serta air terjun alami yang punya air bersih siap menyambut traveler.

11. Masjid Agung Natuna, Arsitekturnya Terispirasi Taj Mahal

Masjid Agung Natuna adalah masjid megah dan terbesar yang ada di Kepulauan Riau. Masjid ini dibangun tahun 2007 dan baru selesai 2 tahun berikutnya. Lokasi keberadaannya cukup mudah ditemukan karena terletak di kompleks Gerbang Utaraku yang menjadi kawasan pusat pemerintahan dan bisnis di ibukota kabupaten Ranai.

Masjid Agung Natuna, via instagram
Masjid Agung Natuna, via instagram

Kalau sudah datang ke Natuna bakal lebih afdol jika berkunjung sekaligus merasakan nikmatnya beribadah di Masjid Agung Natuna. Selain ukurannya yang sangat besar, masjid ini juga punya arsitektur megah yang mengadopsi kubah Taj Mahal dan rancang bangun layaknya masjid-masjid di Timur Tengah. Ayo buruan rencanakan liburan ke Natuna!

Ini 10 Tempat Wisata di Bengkulu Paling Terkenal

Keunikan tempat wisata di Bengkulu dapat Anda temukan dalam sejumlah pesona alam dan peninggalan sejarah yang mempesona. Bengkulu adalah sebuah provinsi yang terletak di pesisir barat Pulau Sumatra dan berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Anda dapat pergi ke Pulau Tikus untuk merasakan gelombang keras lautan samudera tersebut.

Bunga Rafflesia Arnoldi yang terkenal itu dapat Anda temukan di Kota Curup, sebuah tempat wisata di Bengkulu yang populer. Bunga Rafflesia ini adalah bunga terbesar di dunia dengan diameter 100 cm. Bunga ini membutuhkan 6 sampai 8 bulan untuk tumbuh dan 15 hari setelah itu untuk berbunga. Keunikan dari bunga ini adalah tidak memiliki akar, daun dan batang.

Bengkulu adalah juga salah satu tempat pembuangan sejumlah aktivis pejuang kemerdekaan, termasuk Bung Karno yang diasingkan ke dari tahun 1938-1941. Di masa inilah Bung Karno berkenalan dengan Fatmawati yang kemudian menjadi isterinya. Jika Anda telah puas mengelilingi berbagai tempat wisata di Bengkulu, Anda dapat menjajal beberapa kuliner Bengkulu yang terkenal, seperti pendap, gulai tempoyak, dan bagar kambing.

Tempat wisata di Bengkulu

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah 10 tempat wisata di Bengkulu yang paling terkenal. Beberapa di antaranya adalah wisata alam yang memikat dan peninggalan bersejarah yang mengagumkan.

Pantai Panjang

1. Pantai Panjang

Garis pantai yang sangat panjang sejauh 7 km adalah keunikan yang dimiliki tempat wisata di Bengkulu yang satu ini. Pantai Panjang terletak di kawasan strategis pariwisata Bengkulu, sebuah kawasan yang lengkap dengan fasilitas publik dan akomodasi yang lengkap. Dari pusat kota, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk dapat sampai di Pantai Panjang ini, atau berjarak sekitar 3 km.

Objek wisata Bengkulu yang satu ini memiliki banyak fasilitas,dari penginapan, restoran dan cafe, pusat perbelanjaan, arena bermain anak, hingga fasilitas olah raga. Tak ayal, Pantai Panjang adalah salah satu pesona wisata di Bengkulu yang populer. Bagi masyarakat lokal, pantai ini adalah juga salah satu pusat terapi dengan berjogging pagi atau sore hari di lintasannya.

Pohon cemara dan pohon pinus yang tumbuh di sepanjang bibir pantai adalah daya tarik lain yang melengkapi keindahan panorama matahari tenggelam di kawasan pantai. Pantai Panjang memiliki pasir putih yang halus sehingga saat Anda berjalan maka pasirnya tidak akan mengotori kaki. Berolahraga di pantai ini merupakan kegiatan yang tepat karena di sepanjang pantai tersedia jogging trek.

Penggemar volly pantai dapat bermain di lapangan yang dibangun di atas pasir-pasir alami, pecintasurfing pun memiliki titik sendiri untuk menaklukan ombak bersama papan selancarnya. Jika Anda ingin sesuatu yang lain, Anda dapat mencoba menikmati kuliner laut di kawasan pantai ini. Ada banyak restoran hingga tempat-tempat makan yang mudah Anda temukan di sana.

Rumah Pengasingan Bung Karno

2. Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Bung Karno menempati rumah ini pada tahun 1938 – 1942. Di Bengkulu pula Sang Proklamator bertemu dengan Fatmawati, gadis asli Bengkulu yang kemudian menjadi istrinya sekaligus sang penjahit Bendera Sang Saka Merah Putih saat Proklamasi 17 Agustus 1945. Objek wisata di Bengkulu ini menyimpan benda-benda peninggalan Bung Karno yang memiliki nilai sejarah sekaligus menemani Bapak Proklamator dalam menyusun strategi-strategi perjuangan selama di pengasingan. Ada sepeda ontel kesayangan Bung Karno, koleksi buku, hingga surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati.

Pada awalnya, rumah ini adalah milik pengusaha Tionghoa bernama Tan Eng Cian yang bekerja saat itu sebagai penyumplai sembako untuk Pemerintah Belanda. Lalu, Belanda menyewanya untuk menempatkan Bung Karno di rumah tersebut selama diasingkan di Bengkulu. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Rumah Pengasingan Bung Karno sebesar Rp 2.500 per orang.

Benteng Marlborough

3. Benteng Marlborough

Inilah benteng pertahanan kekuasaan Inggris di kawasan pantai barat Sumatera dan sekaligus untuk mempertahankan Bengkulu sebagai daerah monopoli lada dan perdagangan. Benteng Marlborough dibangun oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng ini dianggap sebagai benteng terkuat kedua milik Inggris di wilayah timur setelah benteng St. George di Madras, India.

Tempat wisata di Bengkulu yang satu ini adalah wisata sejarah yang menarik, Anda dapat menyaksikan sebuah benteng yang berdiri kokoh di lahan seluas 44.100 m persegi dengan panjang 240,5 m dan lebar 170,5 m, menghadap ke arah selatan dan membelakangi Samudra Hindia. Bentuk arsitektur bangunan Benteng Marlborough ini mirip kura-kura, terdapat jembatan yang menghubungkan bagian kepala dan badan, sebuah jembatan di atas parit yang membentuk ekor dan jembatan yang menghubungkan jalan masuk dengan bagian luar.

Pantai Tapak Paderi

4. Pantai Tapak Paderi

Pantai ini terhubung dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat di Bengkulu, sebuah pantai yang pada awal mulanya adalah pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu serta menjadi penunjang transporasi laut pemerintah Inggris di Bengkulu pada masa itu yang berjarak 100 meter dari Benteng Marlborough.

Sunset yang begitu indah adalah pesona yang dapat Anda temukan di tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Dari bagian atas Tapak Paderi, Anda dapat menyaksikan keindahan laut Bengkulu. Berjalan-jalan kaki di sekitar pantai atau menikmati jagung bakar di pantai ini adalah kegiatan menarik yang dapat Anda nikmati. Objek wisata di Bengkulu yang satu ini memiliki garis pantai yang panjang dan menawan, tidaklah mengherankan jika Pantai Tapak Paderi ini ramai dengan kunjungan orang.

Kota Curup

5. Kota Curup

Kota Curup adalah ibukota Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Inilah tempat yang menjadi rumah Bunga Rafflesia Arnoldi yang terkenal itu. Suhu dingin mencapai 18 derajat celcius di pagi hari adalah karakter Kota Curup. Topografis Kabupaten Rejang Lebong adalah sebuah daerah yang berdiri di atas pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 100 – 1.000 meter dpl. Ladang-ladang masih diselimuti kabut sehingga buah dan sayur yang ditanam berpetak-petak terlihat samar.

Dari kota ini, Anda dapat pergi ke Bukit Kaba, mendakinya hingga ke puncak untuk menyaksikan panorama alam yang memikat di sana. Atau, menikmati wisata di Danau Mas Harun Bastari. Jika Anda ingin mandi air panas di kota ini, datanglah ke Suban Air Panas, sebuah tempat pemandian air panas di Bengkulu dengan sumber air dari pegunungan yang langsung menuju kolam-kolam. Kota Curup adalah tempat wisata di Bengkulu dengan keunikan daerahnya yang menarik.

Danau Dendam Tak Sudah

6. Danau Dendam Tak Sudah

Danau ini terletak di Kota Curup, Bengkulu Utara, tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu dengan jarak hanya sekitar 6 km. Danau yang dikelilingi bukit-bukit hijau ini merupakan kawasan cagar alam yang menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem.

Kawasan hijau berudara sejuk, penorama yang menawan di kawasan danau pada saat pagi hari, serta kekayaan flora dan fauna di kawasan Danau Dendam Tak Sudah adalah beberapa hal yang dimiliki tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Berperahu dan menaiki rakit untuk mengelilingi danau adalah salah satu kegiatan menarik yang harus Anda lakukan. Jika Anda memiliki hobi memancing, tempat ini adalah salah satu yang tepat untuk Anda.

Danau Mas Harun Bastari

7. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bestari terletak di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Curup dan berada di pinggir jalan raya antara Curup – Lubuk Linggau. Lokasinya yang dekat dengan Bukit Kaba membuat daerah ini sebagai salah satu pilihan tempat wisata di Bengkulu yang menarik.

Danau Mas Harus Bastari adalah salah satu objek wisata keluarga di Bengkulu yang disukai. Terdapat banyak permainan bagi anak-anak hingga orang dewasa. Perahu-perahu dan sepeda air dapat dimanfaatkan untuk berkeliling danau. Anak-anak lazimnya suka bermain dengan komedi putar dan kursi ayun. Kawasan wisata Danau Mas Harun Bastari memiliki luas 36 hektar, bukit di sekelilingnya ditanami sayur-mayur segar.

Museum Negeri Bengkulu

8. Museum Negeri Bengkulu

Museum ini adalah tempat menyimpan, merawat, melestarikan mengamankan dan memanfaatkan koleksi berupa benda cagar budaya. Awalnya, museum ini bertempat di Benteng Marlborough namun tiga tahun kemudian pada 3 Januari 1983, museum ini dipindahkan ke gedung baru hingga sekarang.

Tempat wisata di Bengkulu yang satu ini dibuka setiap hari untuk umum, kecuali Senin, dari pukul 8 pagi hingga 1 siang. Terdapat dua ruang pameran di dalam museum yang menyimpan sekitar 6.220 macam koleksi, meliputi 10 macam kategori. Kategori tersebut adalah geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, hingga teknologika. Hampir separuh koleksi tersebut adalah benda budaya kategori etnografi atau benda budaya yang merupakan perlengkapan hidup, seperti kain tenun tradisional, benda upacara, senjata, dan lainnya baik yang masih dipakai dan diproduksi maupun perlengkapan kuno yang sudah tidak diproduksi atau digunakan lagi.

Bukit Kaba

9. Bukit Kaba

Terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bukit Kaba adalah gunung api aktif tipe A, yaitu tipe gunung yang pernah meletus tahun 1600 sampai sekarang, berketinggian sekitar 1.952 m dpl. Ada 8 kawah yang dimiliki gunung ini, tapi 5 diantaranya tertutup vegetasi. Gunung Kaba atau masyarakat Bengkulu menyebutnya sebagai Bukit Kaba, menyuguhkan pemandangan alam nan hijau dan menawan hati. Untuk dapat mencapai kawah dan puncak Bukit Kaba, Anda harus menaiki 307 anak tangga.

Menyaksikan jajaran Bukit Barisan yang berdiri indah serta pendar cahaya matahari terbenam adalah beberapa hal memikat yang dapat Anda rasakan di tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Berkemah di puncak bukit untuk menyaksikan gemerlap lampu Kota Curup pada malam hari adalah satu hal yang menawan. Untuk dapat masuk kawasan wisata Bukit Kaba di Bengkulu ini, Anda harus membayar retribusi sebesar Rp 2.500 per orang.

Pulau Tikus

10. Pulau Tikus

Pulau Tikus ini memiliki luas lahan sekitar 1,5 Ha, sebuah pulau di Bengkulu yang dikelilingi terumbu karang yang luas dan secara alami melindungi pulau dari abrasi akibat gelombang yang besar. Panorama pulau yang indah, air laut yang jernih, dan kegiatan snorkel untuk menyaksikan pesona batu karang yang indah serta  ikan-ikan laut penuh warna adalah beberapa hal yang paling memikat di objek wisata Bengkulu yang satu ini.

Terletak 10 km di arah barat dari kota Bengkulu, Pulau Tikus adalah sebuah pulau yang terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Anda dapat sampai di salah tempat wisata di Bengkulu ini dengan menyewa kapal nelayan di pantai Jakat, dengan durasi waktu perjalanan sekitar 1 jam. Jika menyewa boat untuk pergi ke Pulau Tikus, akan memakan waktu sekitar 40 menit dari Pelabuhan Pulau Baai. Pulau Tikus dulunya adalah tempat kapal-kapal untuk berlabuh dan berlindung dari hantaman badai ombak laut Samudra Indonesia.

Tetapi, ulah manusia yang merusak ekosistem terumbu karang di kawasan Pulau Tikus membawa dampak negatif bagi kelangsungan salah satu tempat wisata Bengkulu tersebut. Yang paling mencolok adalah semakin berkurangnya luas Pulau Tikus karena mengalami abrasi yang berlangsung makin cepat dari tahun ke tahun.